Fosil Raja Ular Raksasa Ditemukan, Pernah Kuasai Bumi

Fosil ular raksasa
Fosil Raja Ular Raksasa Ditemukan, Pernah Kuasai Bumi. Foto: CNN

India -

Ular raksasa yang pernah hidup di Bumi ditemukan. Fosil tulang belakang yang digali di sebuah tambang di India adalah sisa-sisa salah satu ular terbesar yang pernah hidup, diperkirakan panjangnya hingga 15 meter, lebih panjang dari T rex. Dulu, mereka termasuk ular dominan yang menguasai beberapa bagian dunia.

Ilmuwan menemukan 27 tulang belakang ular ini. Dinamakan Vasuki indicus, ia terlihat seperti piton besar dan tak berbisa.

"Mengingat ukurannya yang besar, Vasuki adalah predator penyergap yang bergerak lambat. Ular ini hidup di rawa dekat pantai saat suhu global lebih tinggi dibanding saat ini," kata Debajit Datta, peneliti di Institut Teknologi India Roorkee dan penulis utama studi yang diterbitkan di jurnal Scientific Report.

Para peneliti memperkirakan kisaran panjangnya 11-15 meter dan berat 1 ton. Vasuki, diambil dari nama raja ular yang diasosiasikan dengan Dewa Siwa, menyaingi ukuran ular prasejarah besar lainnya yang disebut Titanoboa. Fosilnya ditemukan di tambang batu bara di Kolombia tahun 2009.

Titanoboa, diperkirakan memiliki panjang 13 meter dan berat lebih dari 1 ton, hidup antara 58 juta dan 60 juta tahun lalu. Adapun ular terbesar yang masih hidup saat ini adalah ular sanca batik Asia dengan panjang 10 meter.

"Perkiraan panjang tubuh Vasuki sebanding dengan Titanoboa, meski tulang belakang Titanoboa sedikit lebih besar dibandingkan Vasuki. Namun, pada titik ini, kami tidak dapat mengatakan apakah Vasuki lebih besar atau lebih ramping dibandingkan dengan Titanoboa," kata Sunil Bajpai, ahli paleontologi.

Vasuki hidup di zaman Kenozoikum, yang dimulai setelah zaman dinosaurus berakhir 66 juta tahun yang lalu. Vertebra Vasuki terbesar memiliki lebar sekitar 11 cm.

"Vasuki adalah hewan yang agung. Ia mungkin raksasa yang lembut," cetus Datta.

Para peneliti tidak yakin apa yang mangsanya, namun mengingat ukurannya, kemungkinan termasuk buaya. Fosil lain yang ditemukan di kawasan tersebut antara lain buaya dan penyu, serta ikan dan dua paus primitif.

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (20/4/2024) Vasuki adalah anggota keluarga ular madtsoiidae yang muncul sekitar 90 juta tahun lalu dan punah sekitar 12.000 tahun silam. Mereka menyebar dari India melalui Eurasia selatan dan ke Afrika utara setelah anak benua India bertabrakan dengan Eurasia sekitar 50 juta tahun silam.

Mereka keluarga ular dominan saat tahap akhir zaman dinosaurus dan awal Kenozoikum sebelum keanekaragamannya menurun.

Simak Video "TikTok Notes Mulai Dirilis, Digadang-gadang Jadi Pesaing Instagram"